Hotline : 0812-9078-9010

Cara Mengatasi Sesak Nafas Penderita Kanker Paru

May 20, 2016

0

Cara Mengatasi Sesak Nafas Penderita Kanker Paru

Posted in : Tentang Kesehatan on by : Louisiana

kanker paru

Pemeriksaan kesehatan sangatlah penting bagi penderita penyakit kanker paru.  Disarankan kepada para terduga kanker paru untuk mendaftar dalam uji klinis jika pengobatan kanker paru-paru tidak bekerja atau jika pilihan pengobatan anda terbatas.
Tindakan dalam percobaan klinis mungkin inovasi terbaru, tetapi mereka tidak bisa untuk menjamin kesembuhan. Pikirkan dengan hati-hati mengenai pilihan pengobatan Anda dengan dokter Anda. Peran penting pasien kanker paru dalam masa pengobatan dapat membantu dokter lebih memahami bagaimana untuk mengobati kanker paru-paru secara tepat dan meminimalisir efek samping kemoterapi bagi penderitanya.

Perawatan untuk kanker paru paru
Orang-orang dengan kanker paru-paru sering mengalami tanda-tanda dan gejala kanker, serta efek samping dari pengobatan. Dokter mungkin menyarankan Anda bertemu dengan tim perawatan  setelah diagnosis Anda untuk memastikan bahwa Anda merasa nyaman selama dan setelah pengobatan kanker Anda.
Dalam sebuah penelitian, orang dengan non-kecil kanker paru-paru sel canggih yang mulai menerima perawatan suportif segera setelah diagnosis mereka hidup lebih lama daripada mereka yang dilanjutkan dengan perawatan, seperti kemoterapi dan radiasi. Mereka yang menerima perawatan suportif melaporkan peningkatan mood dan kualitas hidup. Mereka selamat, rata-rata, hampir tiga bulan lebih lama daripada mereka yang menerima perawatan standar. Anda mungkin khawatir bahwa menerima perawatan paliatif berarti Anda tidak dapat menjalani pengobatan agresif untuk kanker Anda. Namun, bukannya menggantikan perawatan kuratif, perawatan paliatif melengkapi pengobatan kanker Anda dan mungkin membuatnya lebih mungkin bahwa Anda dapat menyelesaikan perawatan Anda.

Sesak Nafas Akibat Kanker Paru
Banyak orang dengan kanker paru-paru mengalami sesak napas di beberapa titik dalam perjalanan penyakit. Perawatan, seperti oksigen, dan obat kanker paru yang tersedia untuk membantu pasien kanker merasa lebih nyaman, tetapi terkadang hal ini tidak selalu cukup. Lakukanlah langkah dibawah ini jika sesak nafas sewaktu waktu menyerang.

Tips Untuk Mengatasi sesak nafas akibat kanker paru

  • Cobalah untuk rileks. Merasa sesak napas bisa menakutkan. Tapi rasa takut dan kecemasan hanya membuat lebih sulit untuk bernapas. Ketika Anda mulai merasa sesak napas, mencoba untuk mengelola rasa takut dengan memilih suatu kegiatan yang membantu Anda rileks. Mendengarkan musik, bayangkan tempat liburan favorit Anda, bermeditasi atau berdoa.
  • Cari posisi yang nyaman. Ini dapat membantu untuk bersandar ke depan ketika Anda merasa sesak napas.
    Fokus pada napas Anda. Ketika Anda merasa sesak napas, memfokuskan pikiran Anda pada pernapasan Anda. Alih-alih mencoba untuk mengisi paru-paru Anda dengan udara, berkonsentrasi pada menggerakkan otot-otot yang mengontrol diafragma Anda. Coba bernapas melalui bibir mengerucut dan mondar-mandir napas Anda dengan aktivitas Anda.
  • Simpan energi Anda untuk apa yang penting. Jika Anda sesak napas, Anda mungkin menjadi lelah dengan mudah. Potong tugas yang tidak penting dari hari Anda sehingga Anda dapat menghemat energi Anda untuk apa yang perlu dilakukan.
  • Beritahu dokter jika Anda mengalami sesak napas atau jika gejala Anda memburuk, karena ada banyak perawatan lain yang tersedia untuk meringankan sesak napas.

Source : www.mayoclinic.org

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *