Hotline : 0812-9078-9010

Khasiat Asparagus yang Baik untuk Kesehatan

Mar 21, 2016

0

Khasiat Asparagus yang Baik untuk Kesehatan

Posted in : Sayuran Sehat on by : Louisiana
khasiat asparagus

khasiat asparagus

Khasiat asparagus memang sangat beragam. Sayangnya masih banyak orang yang belum menyadari akan hal ini. Pada zaman dahulu, orang Eropa lebih mengenal asparagus sebagai obat untuk meningkatkan gairah seks maupun sebagai moodbooster. Asparagus sendiri masih masuk ke dalam keluarga tanaman lili. Penelitian menunjukkan bahwa asparagus memiliki kandungan antioksidan, antiinflamasi, vitamin C, serta asam amino dan vitamin E. Sayuran ini pun memilki rasa yang enak dan bermanfaat baik untuk kesehatan. Asparagus cocok untuk menjadi salah satu bahan makanan dalam menu harian. Asparagus juga memiliki kandungan asam folat serta vitamin K yang cukup tinggi. Berikut ini adalah manfaat yang bisa didapatkan dari asparagus.

Asparagus untuk Kesehatan Manusia
Ternyata asparagus dapat digunakan untuk membantu kerja jantung dan mereulasi aliran darah. Kandungan dalam asparagus memang bermanfaat untuk menjaga detak jantung dan aliran darah agar tetap normal. Seorang ahli nutrisi telah membuktikan bahwa sayuran yang mengandung banyak vitamin K akan sangat baik dalam membantu peredaran darah. Berikutnya, asparagus yang mengandung vitamin B juga baik untuk mengatur kadar asam amino homocysteine dalam darah. Kadar asam amino homocysteine yang terlalu tinggi dapat berakibat kurang baik untuk jantung, jika terlalu rendah juga tidak baik untuk tubuh. Sehingga khasiat asparagus disini adalah untuk menurunkan resiko penyakit jantung tersebut dengan menyeimbangkan asam amino homocysteine.

Asparagus juga turut mengurangi resiko penyakit jantung lewat kandungan serat larut di dalamnya. Kemudian, kandungan asam amino asparagin dalam jantung juga baik untuk membantu tubuh mengeluarkan kelebihan garam. Jika anda memiliki kadar gula darah yang cenderung tinggi, sebaiknya cobalah untuk teratur mengkonsumsi asparagus. Hal ini karena asparagus memiliki kandungan vitamin B6 yang dapat menstabilkan gula darah di dalam tubuh. Selanjutnya, asparagus dapat digunakan untuk menurunkan resiko diabetes tipe 2. Hal ini berkat kemampuan asparagus sebagai anti inflamasi dan memiliki antioksidan yang tinggi. Sehingga bisa mengatasi penyakit diabetes tipe 2. Dalam sebuah jurnal juga telah disebutkan bahwa salah satu khasiat asparagus adalah untuk membantu pengeluaran insulin sehingga membantu kinerja sel beta dalam tubuh.

Tentunya manusia ingin agar bisa tetap awet muda dan terhindar dari penuaan dini. Hal ini bisa saja terwujud jika anda rajin mengkonsumsi asparagus. Pasalnya, asparagus memiliki kandungan asam folat yang dapat menghambat proses penuaan pada tubuh. Asam folat dalam asparagus juga sekaligus membantu penurunan fungsi kognitif. Selain itu, asam folat dalam asparagus juga telah terbukti dapat menjaga keadaan responsif pada kondisi mental orang yang sudah tua. Sehingga khasiat asparagusyang satu ini sangat baik dikonsumsi oleh orang yang telah lanjut usia.

Khasiat asparagus dalam mencegah penuaan dini juga semakin didukung dengan kemampuan asparagus dalam menyehatkan kulit. Asparagus memiliki kandungan antioksidan glutathione yang baik untuk menghambat proses penuaaan pada kulit. Misalnya seperti munculnya noda dan kerutan. Antioksidan yang satu ini juga baik untuk mencegah kerusakan pada kulit akibat sinar matahari atau polusi di lingkungan. Kemudian, asparagus juga sangat baik untuk mencegah penyakit batu ginjal. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa asparagus mengandung unsur yang dapat bertindak sebagai diuretik alami. Unsur ini nantinya akan membantu tubuh untuk mengeluarkan cairan dan garam berlebih. Sehingga asparagus pun sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita edema dan tekanan darah tinggi.

Kandungan diuretik alami juga bermanfaat untuk mengeluarkan toksin di dalam ginjal. Sehingga dapat mencegah terjadinya pengendapan toksin pada ginjal yang dapat berakibat menjadi penyakit batu ginjal. Asparagus juga sekaligus berguna untuk menjaga kesehatan kehamilan. Wanita hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi asparagus. Karena asparagus dapat menjaga kesehatan kehamilan serta membantu proses pertumbuhan janin di dalam kandungan. Hal ini berkat kandungan asam folat di dalam asparagus yang memang baik untuk ibu hamil. Kandungan asam folat juga baik untuk mencegah bayi lahir cacat. Asparagus bisa diolah dengan berbagai macam cara. Yang pasti sayuran ini memiliki rasa yang enak dan khasiat yang banyak. Demikianlah informasi mengenai khasiat asparagus.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *