Hotline : 0812-9078-9010

Khasiat Daun Bawang Bagi Tubuh

Feb 27, 2016

0

Khasiat Daun Bawang Bagi Tubuh

Posted in : Sayuran Sehat on by : Louisiana
Daun Bawang

Daun Bawang

Khasiat Daun Bawang Bagi Tubuh– Pasti kita pernah melihat atau mengkonsumsi daun bawang, daun bawang memang bukan makanan utama yang dapat kita makan begitu saja. Fungsi dari daun bawang tersebut hanyalah sebagai pelengkap makanan utama. Namun dari kegunaan daun bawang tersebut lah dapat memberikan cita rasa makanan yang nikmat bahkan dapat memberikan wewangian yang sedap pada makanan tersebut.

Mengkonsumsi sayuran sayuran hijau sangat dibutuhkan untuk asupan gizi bagi tubuh kita, namun banyak orang yang menghindarinya bahkan ada yang tidak menyukainya. Apabila anda tidak menyukai sayuran cukup dengan memngkonsumsi daun bawang yang hanya sebagai pelengkap makanan saja dapat membantu memberikan kesehatan pada tubuh kita. Berikut khasiat Daun Bawang Bagi Tubuh

1. Memperkuat tulang
12 gm tangkai daun bawang mengandung sekitar 20 mikrogram vitamin K dan 1,6 mg vitamin C! Kedua vitamin tersebut sangat baik untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang sehingga menjadikan tulang yang kuat. Selain itu mengkonsumsi daun bawang secara teratur dapat mencegah osteoporosis dan meminimalisir resiko terjadinya patah tulang pada kaum wanita.

2. Menurunkan gula darah
Khasiat lainnya yang terkandung pada daun bawang adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Kandungan senyawa alil propil dan kromium yang terdapat pada daun bawang memiliki khasiat yang luar biasa yaitu dapat menurunkan kadar gula dalam darah, sedangkan kromium mengatur gula darah dan membawa ke tingkat insulin. Oleh karena itu, manfaat daun bawang sangat baik untuk menurunkan dan mengontrol gula darah dalam tubuh kita.

3. Menjaga kesehatan jantung
Khasiat berikut nya dari daun bawang adalah dapat menyehatkan organ jantung. Daun bawang mengandung senyawa Chromium dengan adanya vitamin B6 dan sulfur membantu menjaga jantung Anda agar tetap sehat. Senyawa chromium tidak hanya berfungsi mengurangi trigliserida dan kolesterol jahat tetapi mampu meningkatkan kandungna kolesterol baik dalam tubuh, sehingga jantung Anda akan tetap terjaga dan terhindar dari penyakit berbahaya.

4. Mencegah kanker
Pada saat mengkonsumsi daun bawang secara teratur, secara tidak langsung dapat menurunkan risiko terkenannya beberapa jenis penyakit kanker. Hal ini karena adanya senyawa flavonoid dalam sayuran. Senyawa flavonoid dalam daun bawang dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker di usus besar, sehingga dapat mencegah resiko terkenanya kanker usus besar. Kaempferol pada bawang hijau menyajikan keuntungan besar bagi perempuan karena flavonoid ini menurunkan risiko yang terkait dengan kanker ovarium setidaknya hingga 40 persen.

5. Mengatasi peradangan
Daun bawang dapat mengatasi peradangan. Daun bawang termasuk dalam kategori sayuran yang dapat mencegah enzim penyebab peradangan di dalam tubuh. Oleh karena itu, daun bawang harus dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat anti-inflamasi dan anti-histamin.

6. Meningkatkan imunitas
Daun bawang merupakan sumber yang kaya phytochemical yang merupakan senyawa kimia alami. senyawa tersebut berfungsi sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh serta berfungsi dalam menangkal radikal bebas yang menjadi ancaman bagi kesehatan tubuh. Konsumsi daun bawang mengurangi resiko kerusakan jaringan sel dan DNA.

7. Meningkatkan penglihatan
Khasiat dari daun bawang yang terakhir adalah membantu memenuhi kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh terutama oleh mata. Kurangnya kandungan vitamin A dalam tubuh dapat membuat beberapa jenis gangguan penglihatan termasuk kebutaan malam. Satu tangkai daun bawang mengandung 24 mikrogram vitamin A yang mengubah menjadi retinol dan sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Ternyata sayuran yang kita gunakan hanya sebagai pelengkap makanan ini memiliki khasiat yang begitu luar biasa bukan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *