Hotline : 0812-9078-9010

Tanya Jawab Seputar Penyakit Asam Urat (Gout)

Apr 25, 2016

0

Tanya Jawab Seputar Penyakit Asam Urat (Gout)

Posted in : Tentang Kesehatan on by : Louisiana
Seputar asam urat

Seputar asam urat

Tanya: Apakah Asam Urat Itu?
Jawab: asam urat merupakan limbah metabolisme tubuh yang cenderung bersifat toksin (racun), dalam kondisi normal produksi asam urat dan pembuangannya harus seimbang. Namun pada kondisi tertentu kadar asam urat dalam d arah dapat meningkat. Ini terjadi karena proses pembuangan asam urat terganggu sehingga menimbulkan timbunan dalam tubuh, bisa juga karena produksi asam urat yang memang meningkat.
Tanya: Apakah Gout Itu?
Jawab: Gout (arthtritis pirai) atau oleh masyarakat dikenal sebagai asam urat merupakan penyakit yang ditandai dengan serangan nyeri sendi yang berulang dan tiba tiba. Munculnya rasa nyeri yang amat sangat karena adanya endapan kristal yang terkumpul di dalam sendi sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah (hiperurisemia). Peradangan sendi bersifat menahun (kronis) dan setelah terjadi serangan berulang, sendi bisa berubah bentuk.
Tanya: Sendi Apa Saja Yang Biasa Terserang Asam Urat?
Jawab: biasanya pangkal ibu jari kaki, pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan atau jari tangan. Namun tidak menutup kemungkinan dapat juga terjadi pada sendi lain.
Tanya : Gejala Apa Saja Yang Dirasakan Penderita Asam Urat?
Jawab : umumnya penyakit asam urat berkembang dalam 4 tahap yaitu :
• Tahap Asimptomatik: kadar asam urat dalam darah meningkat, namun tidak menimbulkan gejala.
• Tahap Akut: serangan akut pertama datang tiba tiba dan cepat memuncak, umunya terjadi pada tengah malam atau menjelang pagi. Serangan berupa rasa nyeri yang hebat pada sendi yang terkena, mencapai puncaknya dalam waktu 24 jam dan perlahan lahan akan sembuh spontan dan menghilang dengan sendirinya dalam waktu 14 hari.
• Tahap Interkritikal: penderita bisa kembali bergerak normal tanpa merasa sakit sama sekali. Kalau rasa nyeri pada serangan pertama itu hilang bukan berarti penyakit sembuh total, biasanya beberapa tahun kemudian akan ada serangan kedua. Namun ada juga serangan yang terjadi hanya sekali sepanjang hidup, semua ini tergantung bagaimana mengatasinya.
• Tahap Kronik: tahap ini akan terjadi bila penyakit diabaikan pada serangan yang pertama. Frekuensi serangan akan meningkat 4 sampai 5 kali setahun tanpa disertai masa bebas serangan. Masa sakit menjadi lebih panjang bahkan kadang rasa nyerinya berlangsung terus menerus disertai bengkak dan kaku pada sendi yang sakit.
Tanya : Bagaimana Mencegah Penyakit Asam Urat?
Jawab : Dalam hal ini bukan mencegah, namun sejak awal mengurangi faktor pencetusnya yaitu cedera, alkohol, makanan kaya akan protein. Jika sudah mengalami serangan, maka untuk mencegah kekambuhan, sebaiknya minum banyak air putih, meningkatkan aktivitas namun secara bertahap dan ringan serta tetap menghindari faktor pencetusnya. Jika penderita tergolong kegemukan (obesitas) maka menurunkan berat badan mendekati normal dapat membantu kadar asam urat mendekati normal pula.

Baca juga info mengenai obat asam urat alami.

Tanya: Bagaimana Mengatasi Serangan Asam Urat?
Jawab: untuk mengurangi nyeri, yang pertama dilakukan adalah meredakan peradangan dengan obat anti peradangan non steroid (misalnya ibuprofen dan indometasin) efektif mengurangi dan pembengkakan sendi. Selain itu pada beberapa kasus diberikan kortikosteroid (misalnya prednison). Jika penyakit ini mengenai dua persendian atau lebih, suatu larutan kristal kortikosteroid bisa disuntikkan langsung ke dalam sendi. Pengobatan ini sangat efektif untuk mengakhiri peradangan yang disebabkan oleh kristal asam urat. Seiring dengan mengobati radangnya, maka gejala nyeri sendi juga diobati dengan obat pereda nyeri seperti kodein dan meperidin, dan juga dengan mengistirahatkan sendi yang sakit.

sumber : www.webmd.com

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *